Yogurt: Susu Fermentasi

Yogurt: Susu Fermentasi

Editor : - 10 August 2022 - 2:01 pm

Yogurt adalah produk susu yang dihasilkan oleh fermentasi susu yang dilakukan oleh aksi bakteri. Bakteri yang digunakan untuk memproduksi yoghurt dilambangkan dengan istilah kultur yoghurt. Bakteri ini memfermentasi laktosa laktosa menjadi asam laktat dan kemudian bekerja pada protein susu, memberikan yoghurt tekstur dan rasa yang khas. Pada dasarnya, susu sapi digunakan untuk membuat yogurt di seluruh dunia, tetapi susu dari kerbau, kambing, domba, unta, dan yak juga digunakan untuk tujuan yang sama di banyak bagian dunia. Secara teoritis, susu mamalia apa pun dapat digunakan untuk membuat yogurt. Soymilk Yogurt adalah produk non-susu yang diperoleh dari susu kedelai yang diekstraksi dari kedelai.

Yoghurt susu sebenarnya diproduksi dengan membudidayakan Lactobacillus delbrueckii subsp. Subspesies Bulgaricus dan Streptococcus salivarius. bakteri termofilus. Kadang-kadang spesies Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus bifidus, dan Lactobacillus casei juga digunakan dalam kultur. Untuk membuat yogurt, susu pertama-tama dipanaskan hingga 80°C untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan, jika ada, dan mengeraskan protein susu. Kemudian dinginkan susu panas pada suhu 45°C. Saat susu telah benar-benar dingin, tambahkan kaldu kultur dan biarkan campuran tersebut berfermentasi selama kurang lebih 7-8 jam. Kata yoghurt berasal dari bahasa Turki yang berarti mengentalkan atau menggumpal. Menurut literatur, penggunaan produk minyak budidaya dimulai sekitar 2000 tahun yang lalu. Yoghurt awal secara alami difermentasi dan disimpan dalam kantong kulit kambing yang digunakan untuk transportasi. Pada tahun 1880-an, pria menggunakan yogurt untuk membersihkan kambing dan domba. Banyak wanita di masa lalu juga menggunakan yogurt untuk membersihkan tubuh dan rambut mereka. Itu adalah deterjen terbaik yang dikenal pada saat itu.

Kode iklan

Yoghurt memiliki nilai gizi yang sangat baik. Ini adalah sumber yang kaya protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12. Orang dengan intoleransi laktosa dapat dengan mudah mencerna laktosa karena laktosa diubah menjadi asam laktat oleh aksi pengikatan bakteri. Kadang-kadang juga digunakan untuk mengobati diare terkait antibiotik. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa makan yogurt rendah lemak dapat membantu menurunkan berat badan. Dadih adalah yogurt khas Sumatera Barat yang terbuat dari susu kerbau dan fermentasinya dilakukan dalam tabung bambu. Ini sangat populer di Nepal dan disajikan sebagai hidangan pembuka dan penutup. Di Tibet, susu yak sebenarnya dikonsumsi oleh orang-orang untuk tujuan yang sama. Varietas krim atas sebenarnya terbuat dari susu non-homogen. Raita adalah bumbu India yang sangat populer yang sering digunakan sebagai lauk.

kode iklan